Posted by DKT ROHANI on Monday, October 15, 2018
Tadabbur adalah salah satu cara untuk memahami
Al-Qur’an. Kitab-kitab Tafsir yang kita kenal dan kita baca sekarang
adalah hasil usaha yang optimal dari para ulama dalam mentadabburi dan
memahami Aquran.
Tadabbur menurut bahasa berasal dari kata دبــر yang berarti
menghadap, kebalikan membelakangi. Tadabbur menurut ahli bahasa Arab
adalah الـتـفـكّـر memikirkan. Maka, tadabbur bisa berarti memikirkan
akibat dari sesuatu atau memikirkan maksud akhir dari sesuatu.
Sedangkan, tadabbur menurut istilah adalah “penelaahan universal yang
bisa mengantarkan kepada pemahaman optimal dari maksud suatu perkataan
“.
Tadabbur (penelaahan) Al-Qur’an diperintahkan oleh Allah swt
dan ini adalah salah satu cara berinteraksi (ta’amul) dengan Al-Qur’an.
Allah berfirman pada surat As Shaad : 29
كِتَابٌأَنزَلْنَاهُإِلَيْكَمُبَارَكٌلِّيَدَّبَّرُواآيَاتِهِوَلِيَتَذَكَّرَأُوْلُواالْأَلْبَابِ
Artinya : “Ini adalah sebuah kitab yang kami turunkan kepadamu penuh
dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya
mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.”
Kemudian Allah SWT menjelaskan bahwa Dia telah menurunkan Alquran
kepada Rasulullah dan pengikut-pengikutnya. Alquran itu adalah kitab
yang sempurna mengandung bimbingan yang sangat bermanfaat kepada umat
manusia. Bimbingan itu menuntun agar hidup sejahtera di dunia dan
berbahagia di akhirat. Dengan merenungkan isinya, manusia akan menemukan
cara-cara mengatur kemaslahatan hidup di dunia. Tamsil ibarat dan kisah
dari umat terdahulu menjadi pelajaran dalam menempuh tujuan hidup
mereka dan menjauhi rintangan dan hambatan yang menghalangi. Alquran itu
diturunkan dengan maksud agar direnungkan kandungan isinya, kemudian
dipahami dengan pengertian yang benar, lalu diamalkan sebagaimana
mestinya. Pengertian yang benar diperoleh dengan jalan mengikuti
petunjuk-petunjuk Rasul, dengan dibantu oleh Ilmu Pengetahuan yang
dimiliki, baik yang berhubungan dengan bahasa ataupun yang berhubungan
dengan perkembangan kemasyarakatan. Begitu pula dalam mendalami
petunjuk-petunjuk yang terdapat dalam kitab itu, hendaknya dilandasi
tuntunan Rasul serta berusaha untuk menyemarakkan pengalamannya dengan
ilmu pengetahuan hasil pengalaman dan pemikiran mereka.
Untuk memberikan pengertian yang lebih terperinci mengenai
pengertian ayat ini baik kiranya dikemukakan pendapat Hasan Basry.
“Banyak hamba Allah dan anak-anak yang tidak mengerti makna Alquran,
walaupun telah membacanya di luar kepala. Mereka ini hafal betul hingga
tak satupun huruf yang ketinggalan. Mereka mengabaikan
ketentuan-ketentuan Alquran itu hingga salah seorang di antara mereka
mengatakan. “Demi Allah saya telah membaca Alquran, hingga tak satu
hurufpun yang kulewatkan.”
Sebenarnyalah orang demikian itu telah
melewatkan Alquran seluruhnya, karena pengaruh Alquran tak tampak pada
diri orang itu, baik pada budi pekertinya maupun pada perbuatannya. Demi
Allah apa gunanya ia menghafal setiap hurufnya, selama mereka
mengabaikan ketentuan-ketentuan Allah. Mereka itu bukan ahli hikmah dan
ahli Pemberi pengajaran. Semoga Allah tidak memperbanyak jumlah orang
yang seperti itu”.
Untuk berinteraksi dengan Al-Qur’an dan melakukan tadabur yang optimal membutuhkan kiat-kiat sebagai berikut:
1. Memperhatikan adab dalam tilawah
2. Memperhatikan cara- cara talaqqi ( menerima ajaran )
3. Memperhatikan tujuan pokok dari Al Qur’an
4. Mengikuti jejak langkah para sahabat dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an.
5. Berusaha hidup dalam ruh Al-Qur’an.
6. Dibantu dengan disiplin ilmu-ilmu lain.
Dan juga telah djelaskan pada Al Qur’an
Surat An Nisa’ : 82
أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِنْدِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا
Artinya : “Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al quran? Kalau
kiranya Al quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat
pertentangan yang banyak di dalamnya. “
Ayat ini mencela orang-orang kafir dan orang-orang munafik tersebut !
karena mereka tidak mengerti tentang kerasulan Muhammad dan tidak mau
memahami Alquran yang menjelaskan tentang kerasulan Nabi Muhammad itu,
karena kalau mereka mau mengerti dan mau memperhatikan, niscaya mereka
mengetahui bahwa kerasulan Muhammad dan Alquran itu memang sebenarnya
dari Tuhan. Demikian janji Allah kepada orang mukmin dan ancaman Nya
kepada orang kafir dan orang munafik sebagaimana yang disampaikan oleh
Muhammad adalah suatu hal yang pasti sebagaimana pasti benarnya
ayat-ayat yang disampaikan oleh Muhammad, tentang isi hati yang
dikandung oleh orang munafik dan orang kafir itu. Demikian pula pasti
benarnya ayat-ayat yang dibawa Muhammad tentang nasib buruk mereka di
akhirat nanti, karena kalau kiranya Alquran itu dibuat-buat Muhammad
bukan datangnya dari Allah yang mengutus niscaya mereka akan menemui
dalam Alquran itu ayat-ayat yang bertentangan satu sama lain.